Sabtu, 29 September 2018

Daily Activity MID (Indonesian Version)


   Pagi ini tanggal 26 september kami masuk kitchen melaksanakan Mid Praktek. Dan hari ini kami kelompok 4 yang melaksanakan Mid Praktek dibantu oleh kelompok 3. Kelompok Kami mendapat menu Celebes Buffet. Kami melakukan Doing pada jam 08.00 sampai jam 11.00.Tapi sebelum doing kami mendapat arahan sedikit tentang menu hari ini dari pak jaya selanjutnya kami absen dan berdoa sebelum melakukan doing agar semuanya berjalan dengan lancar dan baik.

  Nah hari ini saya dan teman saya mendapat tanggung jawab untuk menangani hidangan penutup yaitu Cucuru Bayao dan Pisang ijo.Adapun bahan dari Cucuru Bayao yaitu Kuning telur,tepung beras,cake emulsifier,gula pasir,tepung terigu dan juga pewarna kuning. Pertama mixer kuning telur,gula pasir,cake emulsifier dan juga tambahkan kenari cincang, setelah mengembang masukkan tepung beras dan tepung terigu yang terlebih dahulu telah di sangrai lalu aduk lipat perlahan-lahan sampai tercampur rata.
Setelah itu ambil loyang olesi dengan minyak tipis-tipis, dan olesi juga cetakan kue cucurnya dengan minyak tipis-tipis lalu setelah itu masukkan ke dalam kukusan loyang yang di dalamnya ada cetakan kue cucur yang terlebih dahulu telah di panaskan dan beruap, selama dua menit lalu isi cetakan kue dengan adonan secara perlahan-lahan jangan sampai penuh, kukus selama lima belas menit, lalu angkat keluarkan dari cetakan secara perlahan, taruh di insert sisihkan.Sedangkan untuk simple syrup, masak sampai gula larut jangan sampai gosong aduk terus-menerus secara perlahan lalu masukkan kue cucuru bayao ke dalam simple syrup satu persatu dalam keadaan api menyala kecil, setelaha itu angkat kembali kue, taruh di insert lagi,siram lagi dengan simple syrup secara merata dan perlahan-lahan, lakukan sampai semua habis dan selesai.


    Kemudian untuk pisang ijo,adapun bahan yang harus disiapakan yaitu pisang yang sudah dikukus (pisang Raja), soft flour,coconut milk,margarine,sugar,pandan essence,green food coloring,salt.Cara membuat adonannya yaitu pertama campur coconut milk,sugar,margarine masak sampai mendidih dengan menggunakan api sedang,kemudian tambahkan salt,green food coloring,pandan essence lalu setelah itu masukkan perlahan soft flour dan aduk sampai rata hingga adonan menjadi lembut,halus dan elastis,setelah adonan bagus kita mulai membentuk dengan cara adonannya dipipihkan lalu ambil pisang dan simpan diatas adonan yang telah dipipihkan tadi lalu gulung dengan rapi kemudian kukus 10-15 menit.Untuk sausnya pertama kita campur cococnut milk,sugar,salt,pandan leaf and rice flour kemudian masak sampai mendidih dan menjadi kental. Setelah semuanya selesai kami membersihkan area kerja kami dan kelompok yang prepare masuk dan kami menunggunya sampai selesai kemudian kami melakukan general cleaning dan setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment