Kamis, 27 September 2018

Ingredient


Kacang Merah

 Hasil gambar untuk kacang merah


History :
Kacang Merah berasal dari amerika, penyebarluasan tanaman kacang merah dari amerika ke eropa dilakukan sejak abad ke-16. Daerah pusat penyebarannya adalah Inggris dan pengembangan dimulai sejak tahun 1594 ke negara-negara Eropa dan Afrika hingga ke Indonesia. Nama latin kacang merah adalah  Phaseolus Vulgaris.
Nutrient Content :
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 332
Jumlah Lemak 0.8 g   
Lemak jenuh 0.1 g     
Lemak tak jenuh ganda 0.5 g 
Lemak tak jenuh tunggal 0.1 g          
Kolesterol 0 mg          
Natrium 24 mg           
Kalium 1,406 mg       
Jumlah Karbohidrat 60 g       
Serat pangan 25 g      
Gula 2.2 g      
Protein 24 g    
Vitamin A       0 IU     Vitamin C       4.5 mg
Kalsium           143 mg            Zat besi           8.2 mg
Vitamin D       0 IU     Vitamin B6     0.4 mg
Vitamin B12   0 µg     Magnesium      140 mg
Function :
1. Kaya Antioksidan
Kacang merah menempati peringkat atas, pada daftar makanan yang mengandung antioksidan. Para peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat  melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Hasil yang cukup mencengangkan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang merah , melebihi kualitas antioksidan pada manfaat buah-buahan lain yang dibudidayakan seperti blueberry, cranberry dan ceri. Antioksidan berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.
2. Sumber Protein Nabati
Kacang merupakan sumber protein yang sehat, dengan menggabungkan kacang merah dengan  biji-bijian pelengkap lainnya seperti manfaat beras merah. Kacang-kacangan mengandung protein lengkap, dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk gizi yang baik. Berbeda dengan daging, kacang-kacangan lebih rendah lemak dan bebas kolesterol.
ketika tubuh mendapatkan manfaat protein yang berasal kacang merah, juga menyokong kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang-kacangan ini. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein.
3. Meningkatkan Energi Tubuh
Kacang merah juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kandungan zat besi pada kacang sangat tinggi dapat memenuhi kebutuhan enegi. Setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Setara dengan 30 persen kebutuhan harian nutrisi.  Energi pada proses metabolisme tubuh, juga membutuhkan zat besi.
Selain itu, zat besi adalah komponen integral dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh. Jika sedang dalam kondisi mengandung atau menyusui, sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi. Hal ini untuk menunjang, pertumbuhan janin dan anak-anak, seperti halnya manfaat bayam.
4. Menyehatkan Pencernaan
Kacang merah terkenal dengan kandungan seratnya, yang banyak kacang-kacangan lain seperti, manfaat kacang hijau. Kandungan serat ini sangat membantu pencernaan yang terjadi pada usus. Serat membantu pergerakan usus selalu berjalan dengan baik. Pada akhirnya hal ini dapat memberi hal yang baik pada kelancaran buang air besar. Kelancaran pencernaan ini sangat bersampak positif pada penurunan resiko gejala kanker usus besar.
5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Serat di dalam kacang merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol, melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah.
6. Mengoptimalkan Memori Otak
Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak. Saraf-saraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B pada kacang merah, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin). Thiamin berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.
Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

 Sasame
 Hasil gambar untuk wijen




DEFINISI : Sesame adalah tanaman berbunga di genus Sesamum, yang juga disebut benne. Banyak tumbuh liar di Afrika dan sejumlah kecil di India. Banyak dinaturalisasi di daerah tropis di seluruh dunia dan dibudidayakan untuk biji yang dapat dimakan.

SEJARAH : Biji wijen dianggap sebagai tanaman biji minyak tertua yang dikenal manusia. Genus memiliki banyak spesies, dan sebagian besar liar. Sebagian besar spesies liar dari genus Sesamum berasal dari sub-Sahara Afrika. S. indicum, jenis yang dibudidayakan, Sisa-sisa wijen yang diambil kembali dari penggalian arkeologi telah berumur 3500-3050 SM. Klaim penuh perdagangan wijen antara Mesopotamia dan benua India terjadi pada tahun 2000 SM. Beberapa laporan mengklaim wijen dibudidayakan di Mesir selama periode Ptolemaic, sementara yang lain menyarankan Kerajaan Baru. Rekaman dari Babylon dan Asyur, sekitar 4000 tahun yang lalu, menyebutkan wijen. Orang Mesir menyebutnya sesemt, dan itu termasuk dalam daftar obat-obatan dalam gulungan Ebers Papyrus yang berumur sekitar 3600 tahun. Laporan arkeologi dari Turki menunjukkan bahwa wijen ditanam dan ditekan untuk mengekstrak minyak setidaknya 2750 tahun yang lalu di kekaisaran Urartu. Asal-usul wijen yang bersejarah karena kemampuannya untuk tumbuh di daerah-daerah yang tidak mendukung pertumbuhan tanaman lain. Juga merupakan tanaman kuat yang memerlukan sedikit dukungan pertanian dan tumbuh di kondisi kekeringan, panas tinggi, dengan sisa kelembaban di tanah setelah musim hujan hilang atau bahkan ketika hujan gagal atau ketika hujan berlebih. Wijen adalah tanaman yang bisa ditanam oleh petani subsisten di tepi gurun, di mana tidak ada tanaman lain tumbuh.

NUTRISI: Dalam jumlah 100 gram, biji wijen kering yang dikeringkan menyediakan 573 kalori dan terdiri dari 5% air, 23% karbohidrat (termasuk serat makanan 12%), 50% lemak, dan 18% protein (tabel). Biji wijen utuh kaya (20% atau lebih dari Nilai Harian) dalam beberapa vitamin B dan mineral makanan, terutama zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng (tabel). Produk sampingan yang tersisa setelah ekstraksi minyak dari biji wijen, juga disebut tepung minyak wijen, kaya protein (35-50%) dan digunakan sebagai pakan untuk unggas dan ternak.

FUNGSI : Biji wijen adalah bahan umum dalam berbagai masakan. Biji wijen digunakan utuh dalam masakan karena rasanya yang kaya dan pedas. Biji wijen kadang-kadang ditambahkan ke roti, termasuk bagel dan bagian atas roti hamburger. Biji wijen juga dapat dipanggang menjadi biskuit, seringkali dalam bentuk stik. Di Sisilia dan Perancis, biji dimakan pada roti (ficelle sésame). Di Yunani, bijinya juga digunakan dalam kue.

Biji wijen memiliki salah satu kandungan minyak tertinggi dari biji apa pun. Memiliki rasa seperti kacang, berbentuk biji-biji kecil. Biasanya biji wijen dibagi menjadi wijen hitam dan wijen putih.

source: https://www.bintang.com/sex-health/read/3375592/meski-kecil-kamu-harus-tahu-3-manfaat-dari-biji-wijen/page-1


 Rebung
Hasil gambar untuk rebung
 


Tunas yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah. Selain itu, rebung juga diolah menjadi lema.

History : Sayuran ini awalnya dikenal di Tiongkok lebih dari 2.500 tahun lalu dan menjadi makanan kerap dikonsumsi karena nutrisinya yang tinggi bahkan menjadi santapan utama pada masa kejayaan Dinasti Ming (1368-1644). Namun, sebagian orang juga menganggap rebung sebagai makanan yang aneh. Menurut peneliti Jepang rebung ternyata memiliki manfaat untuk mencegah stroke karena tinggi akan kalium.

Nutrisi : Rebung yang masuk ke dalam jenis sayur ini juga tinggi kadar air, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, fosfor dan zat besi. Sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bernama fitosterol
Fungsi :  Melawan kolesterol jahat dan mencegah radikal bebas. Mengurangi berat badan, mengonsumsi sayur rebung bisa menjadi pilihan diet alami yang baik karena mengandung lemak namun kadar gulanya rendah. Proteinnya yang tinggi bisa menjaga kesehatan sel-sel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment