Selasa, 02 Oktober 2018

Ingredient


SERAI (LEMONGRASS)
 Hasil gambar untuk serai




PENGERTIAN

Sereh atau serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang di manfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.serai mempunyai kandungan minyak yaitu minyak atsirih yang di peroleh dari hasil penyulingan bagian atas tumbuhan ini. minyak serai dapat di gunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk.

JENIS-JENIS SERAI

>> Secara umum, sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella). keduanya memiliki aroma yang berbeda. minyak sereh yang selama ini dikenal di indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura.

>> Sereh dapur terbagi menjadi 2 varitas yaitu sereh flexuosus (cymbopogon flexuosus) dan sereh citratus (cymbopogon citratus) dalam dunia perdagangan minyak atsirih, minyak sereh flexuosus disebut sebagai east indian lemongrass oil (minyak sereh dapur india timur), sedangkan sereh citratus dikenal dengan west indian lemongrass oil (minyak sereh dapur india barat). perbedaan yang sangat jelas dari keduanya terletak pada sifat-sifat minyak atsirih yang di hasilkan. minyak sereh india timur lebih berharga daripada india barat, terutama karena kandungan citratus lebih tinggi.

KLASIFIKASI SERAI

Kingdom : plantae (tumbuhan)
Sub-kingdom : tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super divisio : spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio/divisi : magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Clasis/kelas : liopsida ( berkeping satu/monokotil)
Sub-classis : commenlinidae
Ordo/bangsa : poales
Familia/famili : poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus/marga : cymbopogon
Species/jenis : cymbopogon citratus.

MORFOLOGI TANAMAN SERAI

AKAR , Tanaman sereh memiliki akar yang besar, akarnya merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek.
BATANG, Batang tanaman sereg bergerombol dan berumbi, serta lunak berongga, isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih ke kuningan.
DAUN, Daun tanaman sereh berwarna hijau dan tidak bertangkai, daunnya kesat, panjang, dan runcing.hampir menyerupai daun lalang.selain itu daun tanaman ini memiliki batok seperti pita yang makinke ujung makin runcing dan berbau citrus jika daunnya diremas.
BUNGA, Tanaman sereh jenis ini jarang sekali memiliki bunga. kalaupun ada, pada umumnya bunga itu tidak memiliki mahkota dan tidak mengandung bulir.
BUAH, Tanaman sereh jenis cymbopogon citratus jarang sekali atau banhkan tidak memiliki buah.
BIJI, Tanaman sereh jenis cymbopogon citratus juga jarang sekali memiliki biji.

KANDUNGAN NUTRISI

VItamin A,B,C.
Asam Folat
Seng
Magnesium
Tembaga
Zat besi
Fosfor
Kalium
Kalsium
Mangan

MANFAAT SERAI

>> MENINGKATKAN JENIS KOLESTROL SEHAT (HDL)
Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiprkosterolia yaitu mengandung kadar kolestrol yang sehat, penelitian menunjukkan bahwa komsumsi sereh secara rutin memberika hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolestrol (LDL) dalam tubuh.

>> DETOKSIFIKASI
Sereh dapat membantu membersihkan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi sebagai organ tubuh, termasuk hari dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat.

>> ANTI KANKER
Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengarihi sel-sel tubuh yang normal dan sehat.penelitian membuktikan aktivitas anti kanker sereh yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit.

>>MENCEGAH INFEKSI AKIBAT STAPHYLOCOCUS AUREUS
Study telah membuktikan bahwa minyak atsirih dalam sereh memiliki aktivitas anti biofilm, yang bermanfaat pencegahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh staphylococus aureus.

>> GANGGUAN PERUT
Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan.

>> MENYEMBUHKAN INSOMNIA
Sereh juga bermanfaat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak.

>> GANGGUAN PERNAFASAN
Sereh banyak di gunakan sebagai obat untuk pengobatan batuk dan pilek. seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu vitamin c dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karna flu.

>> MENGATASI DEMAM
Sereh juga di kenal sebagai obat penurun panas, yaitu memiliki efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. efek anti piretik (mengeluarkan keringat) sereh secara luas dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam.

>>INFEKSI
Sereh juga dapat bekerja sebagai anti septik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis, dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh.

>> MENGURANGI RASA NYERI
Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidak nyaman yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya.

>> MENINGKATKAN SISTEM SARAF
Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu mengatasi kejang kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti alzheimer dan penyakit parkinson.

>>MENGENDALIKAN DIABETES TIPE 2
Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

>> MEMBANTU MENGATASI REMATIK
Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.

>>MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN
Sereh dapat memulighkan sistem pentik dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf.

>>UNTUK PERAWATAN KULIT
Sereh bermanfaat sebagai tonik kulit, dan sebgai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak dan berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik,

>>KESEHATAN SELULER TUBUH
Sereh mengandung zat antioksidan, sehingga membantu melindungi sel sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

>> SEBAGAI AROMA TERAPI
Ramuan sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol,sistronelol, myreene, dipentene, geraniol, dan metil heptenone yang memiliki sifat anti jamur, insektisida dan anti septik.

>> PENGGUNAAN KULINER
Selain untuk obat obatan tradisional, serai umumnya di gunakan pada masakan asia, terutama masakan indonesia, vietnam, thailand dan malaysia.


PEMILIHAN SERTA PENYIMPANAN SEREI YANG BAIK

Pilih serai yang masih segar, tidak keriput, dan warnanya putih gading, jangan memilih yang sudah cokelat atau kering, kemudian, simpan serai di dalam keranjang dan ditempat sejuk. bila membeli dalam jumlah banyak, boleh disimpan didalam kantong plastik dan letakkan di tempat sayur pada lemari pendingin.

EFEK SAMPING DARI MINYAK SERAI

Meskipun aman, namun penggunaan teh herbal sereh yang terbuat dari sereh dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. jika ada gangguan alergi diajuran segera menghentikan penggunaan dan mencari bantuan medis segera.

Minyak sereh murni tidak harus di terapkan secara langsung pada tubuh, karena dapat mengakibatkan alergi yang biasanya berbahaya oleh karena itu selalu dianjurkan untuk menghindarkan minyak sereh murni dari jangkauan anak-anak.

SUMBER :

https://ridwancs97.wordpress.com/2013/04/08/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-sereh-cymbopogon-citratus/

https://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-sereh-untuk-kesehatan-790.html

https://lifestyle.okezone.com/read/2014/01/17/304/927542/cara-pilih-gunakan-dan-simpan-11-bumbu-dapur-2-habis

 Brokoli
Hasil gambar untuk brokoli


History

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih, Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak.

https://id.wikipedia.org/wiki/Brokoli


Kandungan Gizi Brokoli


Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 33
Jumlah Lemak 0,4 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 33 mg
Kalium 316 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 2,6 g
Gula 1,7 g
Protein 2,8 g
Vitamin A 623 IU
Vitamin C 89,2 mg
Kalsium 47 mg
Zat besi 0,7 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 21 mg
Menjaga Kesehatan Mata
Mengontrol Kolesterol
Menjaga Sistem Pencernaan
Mengontrol Tekanan Darah
Menjaga Kesehatan Kulit
Mengurangi Berat Badan
Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Mencegah terjadinya Depresi
Mencegah Kanker
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Meningkatkan Kecerdasan Menjaga Kesehatan Saraf Pusat
Karateristik Brokoli

Bagian dari tanaman brokoli yang dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun kalau brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol berwarna putih.


Kembang kol
Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim.[1]

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya "kepala" kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kembang_kol

Kandungan nutrisi kembang kol


Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 24
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 30 mg
Kalium 299 mg
Jumlah Karbohidrat 5 g
Serat pangan 2 g
Gula 1,9 g
Protein 1,9 g
Vitamin A 0 IUVitamin C 48,2 mg
Kalsium 22 mg
Zat besi 0,4 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 15 mg
https://www.google.com/search?q=kembang+ol&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab

manfaat kembang kol

1. Baik untuk kesehatan jantung
2. Mencegah sembelit
3. Meningkatkan kesehatan kehamilan
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
5. Menguatkan tulang
6. Mengurangi resiko kanker
7. Menurunkan berat badan.

https://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-mengonsumsi-kembang-kol-untuk-kesehatan.html


KARATERISTIK KEMBANG KOL
Memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk-lekuk panjang.
Tangkai bunga kubis lebih panjang dibandingkan kubis bunga.
Bunga kubis berbentuk bulatan berwarna hijau tua atau hijau kebiru-biruan atau putih kehijauan.
Berdiameter antara 15-20 cm atau lebih.
Setiap bunga terdiri atas empat helai kelopak bunga, empat helai daun mahkota bunga, enam benang sari, dan setiap ruang berisi bakal biji.
Bijinya bulat kecil berwarna coklat kehitaman.
Sistem perakarannya dangkal.
Kubis bunga tersusun dari bunga-bunga kecil berwarna hijau.
Mengandung vitamin C, folat, vitamin K, dan vitamin B-6. Selain itu juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan vitamin E.
Mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya.

https://gurusiaga.com/qa/sebutkan-ciri-ciri-kembang-kol/


 Margarine 
 Hasil gambar untuk margarine


HISTORY

Pada tahun 1813, di sebuah lab kimia, seorang ilmuwan Prancis Michel Eugene Chevreul menemukan sejenis asam lemak yang dia sebut acide margaruite. Karena wujudnya yang berupa endapan berkilauan seperti mutiara, makanya dia menamainya sesuai kata Yunani margarites, yang berarti "pearly - seperti mutiara." Tapi Kaisar Napoleon III menginginkan pengganti margarin dengan harga lebih murah. Maka dia mengadakan sayembara, disediakan hadiah bagi siapa saja yang bisa menciptakan pengganti yang sepadan tapi lebih murah.
Masuklah ahli kimia Prancis Hippolyte Mège-Mouriès. Pada tahun 1869, Mège-Mouriès menyempurnakan dan mematenkan sebuah campuran lemak sapi dan susu yang menghasilkan substitusi dari margarin, karenanya dia pun memenangkan hadiah dari sang Kaisar. Hore. Masih jauh. Produk baru yang diberi nama "oleomargarine" itu sulit dipasarkan. Pada tahun 1871, Mège-Mouriès mendemonstrasikan prosesnya bagi perusahaan Belanda yang mengembangkan metodenya dan membantunya dalam memasarkan margarin.
Pengusaha-pengusaha Belanda ini menyadari bahwa jika margarin bakal menggantikan butter maka ia harus kelihatan seperti butter, dan mereka pun mulai mewarnai margarin, yang aslinya putih, menjadi kuning butter.
Sayangnya Mège-Mouriès tidak diperlakukan istimewa atas penemuannya itu. Dia bahkan meninggal dalam keadaan miskin pada tahun 1880. Perusahaan Belanda yang mengembangkan resepnya pun bekerja cukup baik bagi perusahaan itu sendiri, yang mana, Jurgens, akhirnya menjadi perusahaan pembuat margarin dan sabun terekenal di dunia yang kemudian menjadi bagian dari Unilever.
Mereka lebih dari sekedar jengkel, seperti yang bisa diduga. Mereka meyakinkan legislator untuk mengenakan pajak terhadap margarin hingga dua sen per pound.Para peternak susu juga berhasil melobi pelarangan penggunaan pewarna kuning dalam pembuatan margarin. Pada 1900, butter berwarna pun di-ban di 30 negara bagian AS.Banyak negara bahkan mengambil langkah yang lebih ekstrim untuk menjauhkan pelanggan dari margarin - mereka membuat margarin berwarna pink.
Di Kanada, sempat diadakan kampanye pemerintah anti-margarin. Dari tahun 1886 sampai 1948, hukum Kanada melarang keberadaan margarin. Satu-satunya pengecualian terhadap peraturan ini muncul pada 1917 dan 1923, ketika Perang Dunia I dengan cepat menghabiskan persediaan butter, sehingga pemerintah harus mengandalkan margarin.Namun demikian margarin masih belum bisa bernafas dengan lega. Pelobian yang solid dari Quebec yang membuat peraturan melawan pewarnaan margarin bertahan hingga 2008 kemarin.

NUTRISI

Margarin adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Margarin mengandung energi sebesar 720 kilokalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 0,4 gram, lemak 81 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 16 miligram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam Margarin juga terkandung vitamin A sebanyak 2000 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Margarin, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

FUNGSI

Meskipun margarin adalah bahan makanan buatan yang didapatkan dari proses emulsi, margarin tetap memiliki kandungan gizi yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Margarin bisa menggantikan minyak goreng, karena lebih rendah lemak. Hal ini bisa mengurangi resiko kolesterol tinggi.
Margarin juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, protein, dan karbohidrat. Margarin juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Nah, kandungan-kandungan gizi dalam margarin ini sangat diperlukan bagi tubuh kita, terutama untuk kesehatan mata, mencegah osteoporosis, serta menjaga keseimbangan hormon.


KARATERISTIK

1. Berbeda dengan mentega, margarin terbuat dari lemak nabati.
2. Kandungan lemak jenuh pada margarin lebih sedikit daripada mentega.
3. Margarin kaya akan lemak tak jenuh. Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (artinya tidak mudah meleleh).
4. Warna margarin lebih kuning dari mentega.
5. Aroma margarin tidak seharum mentega, namun memiliki daya emulsi yang baik sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang kokoh. Namun saran yang sama diterapkan dalam hal ini, campurlah mentega dan margarine agar rasa kue semakin enak dan tekstur kokoh dan lembutnya tetap terjaga. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment