Kamis, 19 April 2018

Food Terminologi


1.Gimbap

Gimbap adalah makanan Korea yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Bahan untuk membuatnya adalah nasi,daging, dan sayuran. Lalu nasi putih dibumbui dengan garam dan minyak wijen/minya perilla. Isi gimbap pun beraneka macam mulai dari ikan, kepiting, telur, iga sapi, kimchi,keju,tuna, dan sebagainya. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun,bayam,wortel,dan danmuji (acar lobak).Setalh digulung biasanya akan diiris 8 potongan atau sesuai gigitan.

2.Sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sudah terkenal di dunia, terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak.
Ada banyak bahan lain yang bisa disajikan atau dibuat lauk jika tidak suka ikan yang mentah, seperti udang rebus dan belut panggang.
Jenis sushi ada yang di fermentasi, yaitu nare-sushi, tapi jenis yang paling khas yaitu nigirizushi dan temakizushi.Sushi bisa ditemukan di seluruh sudut kota Jepang, jika mencari yang lezat maka cari restoran sushi di daerah kelas tinggi seperti Ginza atau yang dekat dengan pelabuhan perikanan.

3.Tempura
Tempura merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terkenal di dunia. Tempura pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh bangsa Portugis pada abad ke 16.
Tempura adalah jenis makanan yang terbuat dari ikan, jamur, daging atau sayuran yang dicampurkan dengan bahan dasar terigu lalu digoreng.
Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Makanan ini biasa dicocol di sebuah saus sebelum disantap.

4.Onigiri

Onigiri merupakan “nasi kepal” khas Jepang yang terbuat dari nasi yang diisi dengan isian sesuai selera, seperti suiran salmon, ayam, telur ikan, umeboshi (dried plum), kemudian dibungkus dengan nori.Biasanya onigiri berbentuk bulat ataupun segitiga. Onigiri bisa dimakan langsung dan juga bisa ditambah dengan saus khusus yang bisa memperkaya rasa dari masakan Jepang ini.
Makanan ini menjadi salah satu bekal makanan yang hampir dibawa ole semua pelajar atau pekerja kantoran.Jika Anda baru pertama kali makan onigiri, pilihlah tuna dengan mayonese atau ayam mayonese, karena rasanya sangat familiar dengan lidah Indonesia.

5.Saus Teriyaki


Saus teriyaki merupakan makanan yang terbuat dari sake, kecap asin serta gula pasir. Untuk dagingyang biasa digunakan untuk daftar makanan Jepang teriyaki ini adalah jenis ikan dan daging.

6.Sashimi


Sashimi (刺身?) Adalah makanan Jepang dengan makanan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi. Ada pendapat yang bilang kebiasaan tidak ada yang suka sama tuanya dengan sejarah manusia, tapi kebiasaan ini bisa terus atau hilang tergantung pada kondisi lingkungan tempat tinggal. Jepang merupakan negara kepulauan dengan hasil laut segar yang dapat dinikmati sepanjang tahun, sehingga kebiasaan menikmati makanan laut segar tanpa terus berlanjut. Ada juga pendapat yang kata kata Sashimi berasal dari kata Namashishi (生肉, Daging mentah) atau Namasuki (生 切, Potongan segar).

7.Dorayaki

Dorayaki (ど ら や き. 銅鑼 焼き, ド ラ 焼 き) Adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam seri kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, terbuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip corella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir sama dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang. Pada mulanya, Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit ke empat segi. Di bagian tengah kue diberi selai kacang azuki. Pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya dilengkapi dorayaki yang dibuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan bentuk bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di daerah Kansai (Osaka atau Nara), kue ini juga dikenal dengan nama mikasa (三 笠). Kue ini diberi nama dorayaki karena bentuknya yang mirip gong (bahasa Jepang: dora). Menurut cerita lain, samurai bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta kue ini. Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran udara dan tepung terigu di atas gong. Selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih

8.Takoyaki


Takoyaki (た こ 焼 き) Adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu isi potongan gurita di dalamnya. Di zaman Taisho sudah dijumpai kios pasar kaget yang menjual choboyaki dengan nasi goreng terigu dengan isi konnyaku yang merupakan cikal bakal takoyaki. Choboyaki berkembang menjadi Rajioyaki yang berisi urat sapi dan bagian daging murah yang lain. Penganan disebut "rajioyaki" karena bentuknya yang bulat-bulat seperti tombol radio transistor pada waktu itu. Pada tahun 1933, kios takoyaki bernama Aizuya menjual Nikuyaki yang merupakan variasi rajioyaki yang diisi dengan daging sapi. Pada tahun 1935, kios Aizuya yang mengambil ide dari Akashiyaki mulai mengisikan gurita dan telur ke dalam rajioyaki dan tahan sebagai takoyaki. Di sekitar tahun 1965-an, kios pasar kaget yang menjual takoyaki mulai bermunculan di daerah Kanto. Di pertengahan dekade 1990-an, Tokyo mengalami demam takoyaki yang diawali oleh kios takoyaki bernama Kyōtako di daerah Shibuya. Di daerah Kyushu, perusahaan barang hatchandō menjual takoyaki secara bergilir sekarang berubah menjadi perusahaan penjual takoyaki sebagai makanan beku. Sekitar tahun 2000, kios bernama Gindako yang berasal dari kawasan pasar Tsukiji, Tokyo sukses dengan jumlah toko cabang yang buka di seluruh Jepang agar bisa membuat makanan ringan dengan rasa takoyaki.

9.Kimchi


Kimchi adalah salah satu Makanan Tradisional Korea yang berupa asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Cara membuatnya pun tidak susah yaitu setelah sayuran digarami dan dicuci setiap helainya, sayuran akan dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di Korea sendiri kimchi sering dihidangkan pada saat musim tertentu terutama pada musim dingin.

10.Soondubu Jiggae


Soondubu Jiggae adalah makanan tradisional Korea sejenis sup yang bahan utamanya adalah tahu, seafood( tiram, remis, udang), sayuranjamur, bawang, daun bawang, dan bubuk cabe. Tekstur makanan ini sangat unik karna makanan ini lebih kental daripada sup tetapi lebih encer dari bubur. Biasanya soondubu jiggae biasanya dimasak dengan menggunakan gerabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment