Jumat, 23 Februari 2018

Daily Activity #8 (Food Terminologi)


1. French Fries

       Makanan khas amerika paling enak dan merupakan salah satu makanan populer baik di negaranya sendiri atau bahkan di seluaruh dunia adalah makanan khas amerika yang banyak orang biasanya menyebut dengan nama French fries. Makanan amerika yang satu ini merupakan salah satu makanan cepat saji yang banyak di nikmati oleh penggemar kuliner dunia, hal ini di karenakan makanan French fries sangat gurih dan enak.
Makanan amerika bernama French fries ini merupakan sebuah makanan yang di buat dari kentang yang di goreng, biasanya makanan amerika ini di gunakan sebagai makanan pendamping baik makanan berat atau makanan ringan. Di saat waktu senggang masyarakat amerika, salah satu makanan yang menjadi teman berkumpul bersama adalah French fries atau kentang goreng khas buatan dari Negara Amerika Serikat.

2. Sukiyaki

Sukiyaki Recipe — Dishmaps

Sukiyaki dalah irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam.Sayur-sayuran untuk Sukiyaki misalnya bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake, dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu.Sukiyaki pada mulanya adalah daging sapi yang dipanggang (bahasa Jepang: yaki) di atas cangkul besi tebal yang disebut suki.Sebelum restorasi Meiji, orang Jepang tidak pernah memakan daging sapi mematuhi larangan agama Buddha yang melarang konsumsi hewan berkaki empat dan hewan yang digunakan untuk pertanian. Di zaman Meiji toko daging yang pertama dibuka di Jepang (tahun 1867), yang diikuti dengan dibukanya restoran Gyunabe.
Sebelum Perang Dunia ke-2, di daerah Kanto masakan ini lebih dikenal dengan nama Gyunabe

3. Pisang Ijo

Pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

4. Minestrone Soup


Minestrone adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta.

Minestrone adalah masakan italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing. Sejarahnya, kemungkinan sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai. Masakan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat masakan sederhana namun bergizi dan mengenyangkan. Ada istilah tersendiri yang mengkategorikan masakan sederhana yang diciptakan di dapur rakyat, yaitu cucina provera atau masakan orang miskin. Walau begitu, orang Italia sangat mencintai minestrone sehingga di tiap-tiap rumah dan daerah, mereka menciptakan variasi yang sangat banyak.

Di Italia, posisi sup ini dapat disejajarkan dengan pasta. Tidak ada resep yang baku untuk memasaknya, namun masyarakat Italia menggunakan bahan-bahan seadanya yang saat itu tersedia di dapur. Bahan isi minestrone berbeda-beda sepanjang tahun. Sup dapat berupa kaldu ayam kental isi sayuran yang direbus sebentar atau mungkin direbus lebih lama.

5. Beef Stew

     Adalah salah satu makanan tradisional negara jerman,ditemukan pertama kali ketika keluarga - keluarga jerman memiliki anggota yang banyak namun tidak makmur dalam mencukupi kebutuhan pada tahun 1930.Dan yang menemukan makanan ini pertama kali adalah Adolf Hifler.

6. Chicken Salad Hawaian


    Di eropa dan asia,salad dapat dilengkapi dengan sejumlah dressing atau tidak dressing sama sekali,dan unsur daging dapat bervariasi. Resep masakan ini ditemukan dibuku masak selatan abad ke 19. ditemukan oleh carolina dan shouthern.

7. Potato Au Gratin


Potato gratin merupakan salah satu kondimen yang populer di dalam dunia kuliner eropa. Biasanya dijadikan sebagai pengganti kentang goreng (pommes frittes) dan memiliki cita rasa yang cenderung gurih dikarenakan kandungan krim dan susu di dalamnya.
Dalam dunia kuliner, istilah “Gratin” dimaksudkan untuk membuat permukaan sebuah hidangan menjadi kecoklatan dengan cara dipanggang atau dibakar dengan menggunakan blowtorch.
Potato Au Gratin sendiri adalah salah satu resep yang saya sangat suka, selain pengolahannya yang gampang dan bahan-bahannya yang mudah didapat, resep ini juga merupakan resep yang sangat fleksibel. Kita dapat menambahkan potongan blanched broccoli (brokoli yang sudah direbus dalam air mendidih selama 1 menit), potongan bacon, ham atau jamur yang sudah dipotong tipis-tipis.
Resep ini juga menjadi favorit diantara teman-teman saya. Resep yang versatile juga karena dapat disajikan dalam berbagai acara baik itu formal maupun non-formal.

8. Choux

Sejarah ditemukannya pastri choux bermula pada tahun 1533 ketika catherine dar Madicii kota kelahirannya di Firenze, Italia untuk menikah dengan Hendri II dari prancis. Ia membawa serta seluruh pegawai istananya termasuk para juru masaknya ke Prancis. Tujuh tahun kemudian, kepala juru masaknya yang bernama Panterelli menciptakan adonan pasta yang ia gunakan untuk membuat kue. Adonan tersebut kemudian ia namakan pâte a Panterelli, Nama tersebut tidak bertahan lama karena adonan tersebut kemudian dikenal juga sebagai pâte a Popelinidan lalu menjadi pâte a Popelin hingga akhirnya disebut sebagai pâte à choux. Marie-Antoine cerême seorang juru masak dari Perancis, menyempurnakan resep yang diciptakan oleh Panterelli hingga menjadi resep yang digunakan oleh para juru masak saat ini.

9. Bake Potato


Bake of potato, atau jacket potato , adalah kentang yang telah dipanggang untuk dikonsumsi. Ketika dimasak dengan baik, kentang panggang memiliki interior yang lembut dan kulit yang segar. Ini bisa disajikan dengan isian dan bumbu seperti butter , keju atau sour cream . Kentang dapat dipanggang dalam oven konvensional atau oven listrik, oven konveksi , oven , panggangan barbecue , atau pada api terbuka. Beberapa restoran menggunakan oven khusus yang dirancang khusus untuk memasak kentang dalam jumlah yang banyak. kemudian membuat mereka tetap hangat dan siap untuk disajikan.

10. French Bread

Adalah roti yang bentuknya lain dari roti lainnya yaitu panjang dan ukurannya yang besar, dan sangat renyah. Roti ini berasal dari Prancis. Diameter standar French Bread kira-kira 5 atau 6 cm, tetapi panjangnya dapat mencapai 1 meter. Roti ini memiliki berat 250 gram. Tekstur luarnya sangat keras dan bagian dalamnya putih dan lembut dan ketika ditekan, ia akan kembali ke bentuk semulanya. Yang mana ini merupakan tes untuk mengetahui roti yang masih baik.Roti ini menjadi symbol budaya di Perancis, selain anggur wine dan keju. Roti dibuat hanya dari tepung, air, ragi dan garam. Tanpa adanya telur, susu dan minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment