Kamis, 09 Januari 2020

Ingredient


Black Papper



Sejarah
Sebelum Masehi biji lada sudah dikenal sebagai komoditi perdagangan yang mempererat hubungan Timur dan Barat. Dalam abad pertengahan 600-1500 pedagang-pedagang Arab mengangkut biji lada dari Pantai Malabar India ke negaranya untuk ditransfer ke Alexandria dan Itali. Perdagangan lada kian hari kian meningkat. Dalam awal tahun 1180 di London dibentuk suatu organisasi (gilde) oleh pedagang-pedagang lada. Hubungan perdagangan lada antara Jawa dan Cina tereatat mulai tahun 1200.

Dalam tahun 1492, Columbus memulai pelayarannya untuk mencari sumber-sumber lada. Ia berlayar ke arah Barat dari Spanyol, dan menemukan Wes-India dan bukannya Oost Indie yang kesohor kaya dalam bidang rempah-rempah. Columbus Setelah Benua Afrika ditemukan oleh Columbus, maka dalam tahun 1498 Vasco de Gama dari Portugal memulai pelayarannya mengintari Tanjung Harapan dan menemukan daerah lada yang berada di Malabar India, Malaysia dan Goa. Sejak saat itulah perdagangan lada di bawah monopoli orang‑orang Portugal. Mulai dengan lada dan rempah-rempah lain, berkembanglah penjajahan orang‑orang Barat terhadap orang-orang Asia termasuk 1ndonesia. 1 Tanaman lada yang sekarang banyak ditanam di Indonesia ada kemunrlcinan berasal dari. India. sebab pada tahun 1000-600 SM. banyak koloni Hindu yang datang ke Jawa. Pada abad XVI tanaman lada di Indonesia baru diusahakan secara kecil-kecilan di Jawa. Tetapi awal abad XVIII, tanaman tersebut telah diusahakan secara besar-besaran.

http://tarmiziblog.blogspot.co.id/2011/12/sejarah-lada.html

Manfaat
1. Lada hitam dapat mencegah kanker
Lada dapat membantu mencegah kanker, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Pusat Kanker, lada hitam dapat mencegah perkembangan tumor kanker payudara. Mereka menemukan bahwa kandungan piperine dalam lada hitam memberikan peran penting dalam mencegah kanker. Kemudian bila dikombinasikan dengan kunyit yang memiliki sifat antikanker maka akan menhasilkan efek yang semakin tinggi.

2. Lada hitam kaya vitamin yang baik untuk tubuh
Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Studi-studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dalam mengulur perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Akan lebih baik jika dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling.

3. Lada hitam membantu pencernaan
Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari lada hitam merangsang selera untuk sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida lebih. Asam ini adalah asam yang sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lainnya yang telah berada di dalam perut. Ketika ada makaan yang tidak tercerna dengan baik maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh. Asam klorida yang mengalami kelebihan akan disekresikan dalam membantu mencegah kondisi tesebut. Dalam membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan (tergantung pada jumlah porsi makanan yang sedang dipersiapkan) segar merica bubuk tanah untuk makan, saat memasak. Ini akan menambah cita rasa pada hidangan dan menjaga perut agar tetap sehat.

4. Lada hitam menurunkan berat badan
lada hitamLada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi) makanan. Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua kegiatan ini secara kolektif akan membantu dalam penurunan berat badan. Untuk penurunan berat badan yang efektif, hanya taburi merica atas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

5. Lada hitam dapat meredakan gas karena perut kembung
Hal ini karena dikenal dengan sifat karminatif nya yaitu zat yang dapat mencegah pembentukan gas. Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena perut kembung dan nyeri atau dikenal dengan kolik. Menambahkan merica pada makanan, bukan bubuk cabai akan membantu meredakan perut kembung.

https://manfaat.co.id/manfaat-lada-hitam

Karakteristik
Hasil pemeriksaan makroskopik untuk simplisia lada hitam dicirikan dengan berbentuk hampir bulat, warna coklat kelabu sampai hitam kecoklatan, garis tengah lebih kurang 2,5 mm sampai 6mm; permukaan berkeriput kasar, dalam serupa jala; pada ujung buah terdapat sisa dari kepala putik yang tidak bertangkai. Lada putih dicirikan dengan berbentuk hampir bulat, warna putih gading, permukaan rata, garis tengah lebih kurang 2 mm sampai 5 mm.Hasil pemeriksaan mikroskopik serbuk lada hitam adalah perisperm dengan butir pati, parenkim dengan minyak atsiri, sel batu dari hipodermis, dan sel batu dari endokrap. Hasil pemeriksaan mikroskopik lada putih adalah parenkim dengan minyak atsiri, sel batu dari endocarp, perisperm dengan butir pati.

https://text-id.123dok.com/document/8yddw4jyp-identifikasi-tanaman-karakteristik-simplisia-lada-hitam-dan-lada-putih.html


Kandungan Nutrisi
Kandungan zat piperine yang ada di dalam lada hitam telah dikaitkan dengan pencegahan kanker, dan akan dua kali lipat lebih manjur jika di kombinasikan dengan kunyit. Bumbu masak ini juga mengandung vitamin C, A, flavonoid, karoten, dan bahan antioksidan lain yang akan membantu menyingkirkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Cara terbaik untuk memakan lada hitam dengan tepat guna meraup manfaat maksimalnya adalah, dengan memakannya dalam bentuk serbuk yang ditaburkan di atas makanan, dan jangan memasaknya bersamaan dengan makanan lain.
http://werno-werno.com/manfaat-lada-hitam/



Cengkeh




Sejarah
Pada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkeh, agar harumlah napasnya. Cengkeh, pala dan merica sangatlah mahal di zaman Romawi. Cengkeh menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab di abad pertengahan. Pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkeh dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkeh yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. Pada saat itu harga 1 kg cengkeh sama dengan harga 7 gram emas.Perdagangan cengkeh akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkeh di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkeh dibudayakan di Guyana, Brasilia dan Zanzibar.


Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkeh sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor. Sebab cengkeh disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengkonsumsi tanaman cengkeh tersebut. Sampai sekarang cengkeh menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri.
Pohon cengkeh yang dianggap tertua yang masih hidup terdapat di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Poho yang disebut sebagai Cengkeh Afo ini berumur 416 tahun, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 m. Setiap tahunnya ia mampu menghasilkan sekitar 400 kg bunga cengkeh
https://uminoty.wordpress.com/tag/cengkeh-dan-sejarahnya/

Kandungan Nutrisi
Cengkeh Kering adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cengkeh Kering mengandung energi sebesar 292 kilokalori, protein 5,2 gram, karbohidrat 57,4 gram, lemak 8,9 gram, kalsium 740 miligram, fosfor 100 miligram, dan zat besi 5 miligram. Selain itu di dalam Cengkeh Kering juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Cengkeh Kering, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-cengkeh-kering-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.WrZ-HfXrvIU

Manfaat

Manfaat cengkeh sebagai tanaman apotik hidup untuk permasalahan berbagai penyakit, sudah tidak diragukan lagi kebenarannya, sudah menjadi rahasia umum cengkeh sangat ampuh untuk sakit gigi. Sebagai jenis tanaman yang melimpah ruah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk berbagai masakan khas nusantara. Sifat cengkeh yang hangat kerap kali digunakan untuk pembuatan berbagai minuman, namun sebenarnya apakah manfaat mengkonsumsi cengkeh? Sebagai rempah alami cengkeh juga bermanfaat seperti halnya manfaat kunyit atau pun juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan. Berikut ini di antaranya :
1. Membantu Mengobati Sakit Gigi
Minyak cengkeh telah digunakan berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

2. Mencegah Peradangan
Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

3. Mengatasi mual dan Muntah
Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah ini.

4. Meningkatkan sistem pencernaan
Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

5. Mengatasi pilek
Jika anda pilek, ada baiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek.
https://manfaat.co.id/15-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan-dan-kecantikan


Karakteristik
Karakteristik yang melekat dalam tanaman cengkeh ini tumbuh pada daerah tropis dengan ketinggian 10 sampai 20 m. Daun tanaman cengkeh berbentuk lonjong, berbunga pada bagian ujung dan berkelompok. Puncuk daun berwarna kuning sampai hijau muda, tangkai daun yang muda berwarna kuning kehijauan, dan tangkai yang tua berwarna hijau tua, serta helaian daun besar hampir tidak mengkilat.

http://www.indonesiastudents.com/tanaman-cengkeh-sejarah-karakteristik-kanduangannya-lengkap/



Kunyit



Sejarah
Kunyit (Curcuma longa Linn.) merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum dan Yunani Karkom. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina (Warintek, 2011a).

https://intannursiam.wordpress.com/tag/karakteristik-kunyit/

Kandungan Nutrisi
Dalam rimpang kunyit terkandung senyawa minyak atsiri sebanyak 6%. Minyak atsiri ini mengandung senyawa senyawa monoterpen dan sesquiterpen(meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), protein, fosfor, kalium, vitamin C dan besi. Mengandung zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi monodesmetoksi kurkumin dan bidesmetoksi kurkumin, kurkumin 50 sampai 60%).
Ketiga senyawa kurkuminoid tersebut, yang merupakan komponen terbesar adalah kurkumin . tak jarang kadar total kurkuminoid dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasanitu beberapa penelitian baik farmakologi maupun fitokimia lebih menekankan pada kurkumin.
Manfaaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh
1.Memperlancar ASI, kunyit dapat dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit dilumatkan sampai halus, kemudian dibalutkan disekitar payudara. Diulangi sebanyak 2 kali sehari sampai air susunya lancer.
2.Melancarkan Haid, kunyit dapat digunakan sebagai pelancar haid. Bagi wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit ketika haid agar haid lancar. Cara mengolah kunir untuk memperlancar haid yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok the ketumbar, setengah sendok the biji pala, setengah genggam daun sri gading. Semua bahan yang telah disiapkan ditumbuk sampai halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Saring kemudian siap diminum. Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin. Diminum 1 gelas sehari.

3.Obat diabetes militus (kencing manis), untuk membuat ramuan kunyit yang difungsikan sebagai obat kencing manis cukup mudah. Caranya siapkan tiga rimpang kunyit+ setengah sendok garam . rebus bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah rebusan setengah gelas 2kali seminggu.

4.Untuk menambah darah( obat hipotensi/ darah rendah), untuk obat hipotensicaranya beberapa rimpang kunyit diparut, dicampur dengan air matang secukupnya. Kemudian dicampur gula enau, lalu disaring. Ditambah sedikit garam. Air kunyit siap diminum.

4. Obat disentri, kunyit dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya dengan menyiapkan 1 sampai 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan yang telah disiapkan direbus sampai mendidih dengan 2 gelas air. Sisakan 1 gelas. Diminum sampai sembuh.

https://manfaatnyasehat.com/manfaat-kunyit-bagi-kesehatan/

Karakteristik
Tanaman kunyit tumbuh bercabang dgn tinggi 40-100 cm. Batangmerupakan batang semu, tegak,bulat, membentuk rimpang dgn warna kekuningan & tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) meman$ang hingga 10-40 cm lebar 8-12,5 cm & pertulangan menyirip dgn warna hijau pucut. Berbungama$emuk yang berambut & bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dgn mahkota sekitar 3 cm & lebar 1,5 cmber%arna putih/kekuningan ujung & pangkal daun runcing, tepi daun yang rata.Kulit luar rimpang berwarna $ingga kecoklatan, daging buah merah $ingga kekuning! kuningan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment