Kamis, 09 Januari 2020

Ingredient



1. Tepung terigu




Tepung adalah partikel padat yang berbentuk butiran halus atau sangat halus tergantung pemakaiannya. Biasanya digunakan untuk keperluan penelitian, rumah tangga, dan bahan baku industri. Tepung bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, tapioka dari singkong, maizena dari jagung atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan.


Tepung Terigu mengandung energi sebesar 365 kilokalori, protein 8,9 gram, karbohidrat 77,3 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 16 miligram, fosfor 106 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Tepung Terigu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,12 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tepung Terigu, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %

Berdasarkan kadar proteinnya tepung terigu di bagi menjadi 3 jenis:
1. Protein Rendah
Memilik kadar protein sekitar 6-8%, dibutuhkan untuk membuat adonan yang renyah. Sangat baik untuk lapisan pada cookies, shortbread dan gorengan.

2.Protein Sedang
Kadar protein dalam tepung ini berkisar 8-10%. Cocok digunakan untuk adonan yang memerlukan kelembutan tapi yang masih bisa mengembang layaknya cake.

3.Protein Tinggi
Memiliki kadar protein 11-13%. Tingginya protein menghasilkan adonan yang bersifat liat. Jika ingin membuat adonan yang elastis, tepung terigu dengan protein tinggi harus digunakan.


Proses Gandum Jadi Terigu :
-Proses pengolahan gandum menjadi tepung terigu dibagi dalam 2 proses, yakni proses pembersihan (cleaning) dan penggilingan (milling). Pada proses cleaning, gandum dibersihkan dari impurities seperti debu, biji-biji lain selain gandum (seperti biji jagung, kedelai), kulit gandum, batang gandum, batu-batuan, kerikil, dan lain-lain

-Setelah gandum dibersihkan dari impurities, proses penambahan air (dampening) agar gandum memiliki kadar air yang diinginkan. Proses dampening tergantung pada beberapa faktor. Antara lain kandungan air di awal biji gandum, jenis gandum, dan jenis serta mutu tepung yang diharapkan. Selanjutnya gandum yang telah diberi air didiamkan selama waktu tertentu agar air meresap ke dalam biji gandum. Tahap ini bertujuan untuk membuat kulit gandum menjadi liat sehingga tidak mudah hancur saat digiling dan memudahkan endosperma terpisah dari kulit serta melunakkan endosperm yang mengandung tepung.

-Proses kedua adalah penggilingan (milling) yang meliputi proses breaking, reduction, sizing, dan tailing. Prinsip proses penggilingan adalah memisahkan endosperm dari lapisan kulit. Diawali dengan proses breaking yaitu pemisahan biji gandum untuk memisahkan kulit gandum dengan endosperm. Tahap berikutnya adalah reduction, yaitu endosperma yang sudah dipisahkan diperkecil lagi menjadi tepung terigu. Kulit gandum yang terpisah diproses kembali menjadi bran dan pollard.

-Selama proses penggilingan dihasilkan produk-produk samping seperti pollard, bran, dan tepung industri. Tujuan dari tahap penggilingan ini untuk memperoleh hasil ekstraksi yang tinggi dengan kualitas tepung yang baik.

Manfaat Lain yang Dapat Diperoleh dari Tepung Terigu :
Selain sebagai bahan pembuatan makanan, tepung tergu memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut.

-Mengatasi luka bakar
Apabila Anda terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang Anda alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan Anda yang terkena luka bakarke dalam tepung terigu kurang lebih selama 10 menit. Hasilnya, tangan Anda yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan, Anda dapat menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

-Mencerahkan kulit
Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat Anda jadikan masker agar membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

-Membantu mengatasi jerawat
Selain dapat membuat kulit cerah, tepung terigu juga dapat dijadikamn masker untuk membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup muda yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, madu, teh hijau hangat yang sudah di seduh serta beberapa tetes lemon untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada jerawat dan tutupi dengan plester selama semalaman, dan bersihkan pada keesokan harinya.
-Sebagai lulur
Tepung terigu ternyata juga dapat digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan teung terigu dan anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur dan diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan air hangat.

sumber :
 http://tester-kadar-air.com/tepung-adalah/
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tepung-terigu-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.Wav7lFWGPIU
https://neuhauslabs.com/jenis-jenis-tepung/
http://manfaat.co.id/manfaat-tepung-terigu



2. Gula



Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman.

Jenis-jenis gula :

-Gula Pasir

-Gula Pasir Kasar

-Gula Kastor (Caster Sugar)

-Gula Bubuk (Icing Sugar, Confection Sugar)

-Gula Donat

-Gula Dadu

-Brown Sugar

-Gula Palem (Palm Sugar)

-Gula Jawa (Gula Merah)

-Gula Aren

-Gula Batu

-Madu


Manfaat Gula :

-Pada zaman perang kuno gula pasir digunakan untuk mengobati infeksi, atau luka bekas goresan pedang.
-Gula pasir dapat membersihkan noda, mengangkat sel kulit yang mati, selain itu gula pasir juga dapat menghaluskan bibir seseorang.
-Gula merah bermanfaat untuk bahan bumbu masakan dan sebagai penambah aroma.
-Gula merah juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, mencegah munculnya jerawat, mencegah anemia.
-Bagi perempuan, gula merah memiliki manfaat untuk meredakan nyeri saat menstruasi.
Selain itu, gula merah juga memiliki manfaat untuk membersihkan darah.


Dampak Gula Terhadap Kesehatan :
Kelebihan gula dapat mengakibatkan sejumlah konsekuensi kesehatan yang antara lain: (Nancy, 2010).
-Gula dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda dan merusak pertahanan Anda melawan penyakit karena infeksi.
-Gula dapat meningkatkan level glukosa darah puasa dan dapat menyebabkan hipoglikemia reaktif.
-Gula dapat menyebabkan peningkatan cukup berarti pada kolesterol total, trigliserida dan kolesterol jahat, serta penurunan dalam kolesterol baik.
-Gula dapat menyebabkan penuaan dini.
-Gula dapat menyebabkan obesitas.
-Gula dapat menyebabkan air liur Anda menjadi lebih asam, menyebabkan kerusakan gigi.
-Gula dapat menyebabkan penyakit gusi.
-Gula menyebabkan tekanan darah tinggi pada orang-orang gemuk.
-Gula meningkatkan resiko polio.
-Pengurangan konsumsi gula dapat meningkatkan stabilitas emosional.
-Gula dapat menyebabkan pusing.
-Gula dapat meningkatkan resiko asam urat.
-Gula dapat membuat urat daging Anda (tendon) jadi lebih rapuh.
-Gula dapat menyebabkan batu empedu.
-Gula dapat menyebabkan osteoporosis

sumber :
http://pbmtanani.blogspot.co.id/
http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-gula-jenis-dan-dampak-gula.html


3. Beras



Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut 'palea' (bagian yang ditutupi) dan 'lemma' (bagian yang menutupi).Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Kandungan gizi beras :
Sebagaimana bulir serealia lain Beras memiliki kandungan gizi antara lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati(sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein,vitamin(terutama pada bagian aleuron),mineral, danair.

Pati beras tersusun dari duapolimer karbohidrat :
-amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
-amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan teksturnasi(lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.


Macam dan warna beras :
Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.
-Beras "biasa" yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
-Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
-Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
-Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
-Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele'). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras.

Manfaat beras (nasi) :
Selain mengenyangkan ternyata nasi beras memiliki beberapa manfaat diantaranya:
1. Sumber energi yang hebat. Nasi itu banyak mengandungkarbohidratyang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.
2. Bebas kolesterol. Makan nasi itu sangat baik bagi kesehatan, karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.
3. Kaya akan vitamin. Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
4. Banyak mengandung resistant starch. Nasi banyak mengandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dalam usus.
5. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Nasi tidak banyak mengandung sodium, dan dianggap sebagai makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hypertensi.
6. Mencegah kanker. Whole grain rice misalnya brown rice itu banyak mengandung serat insoluble yang mungkin bisa melindungi anda dari berbagai jenis kanker. Banyak peneliti yang percaya bahwa serat insoluble itu penting dalam melindungi tubuh dari cell-cell kanker.
7. Mengobagi dysentery. Bagian kulit ari dari nasi dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati dysentery. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.
8. Merawat kulit. Para ahli medis mengatakan bahwa tepung padi bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit. Di wilayah India, air beras digunakan oleh praktisi ayurvedic sebagai obat yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang terbakar.
9. Mencegah Alzheimer’s Disease. Brown rice banyak mengandung neurotransmitter yang bisa mencegah Alzheimer’s disease.
10. Menguatkan jantung. Rice bran oil punya kemampuan antioxidant yang bisa menguatkan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
11. Mencegah konstipasi. Serat insoluble yang terdapat di nasi akan bertindak sebagai sponge lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan mudah dan cepat

sumber :
http://indaharitonang-fakultaspertanianunpad.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-beras.html
http://tokoberashamzah.blogdetik.com/2013/05/27/kandungan-gizi-dan-manfaat-beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment