Rabu, 31 Oktober 2018

Ingredient


 Shrimp paste/terasi

Hasil gambar untuk terasi 


History:
Terasi atau belacan adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan atau pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi merupakan bumbu penting di kawasan asia tenggara dan china selatan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tetapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.
Di Malaysia, kadang-kadang belacan dibakar untuk lebih enak tetapi cenderung menimbulkan bau yang tajam.
Di daerah Bangka, ada beberapa daerah yang khusus menjadi penghasil belacan yang terkenal seperti Toboali, Bangka Selatan. Pembuatannya dengan cara udang rebon diambil nelayan dari laut, kemudian langsung direbus di pinggir pantai, setelah matang, ditumbuk dan dicampur garam menggunakan lesung kayu, dijemur kembali agar kadar airnya rendah, kemudian ditumbuk kembali sampai bisa dibentuk, yang jadi ciri khas bentuk terasi.
Di Malaysia, bumbu masak ini disebut belacan, dan di Thailand disebut kapi. Di Indonesia, terasi sering dikaitkan dengan sejarah berdirinya kota Cirebon yang ditilik dari penamaannya dalam bahasa Sunda yang berupa lakuran dari kata ci (air) dan udang rebon.


Nutrient content :
Nama Bahan Makanan : Terasi
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Terasi yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Terasi yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Terasi = 155 kkal
Jumlah Kandungan Protein Terasi = 22,3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Terasi = 2,9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Terasi = 9,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Terasi = 3812 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Terasi = 726 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Terasi = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Terasi = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Terasi = 0,24 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Terasi = 0 mg
Khasiat / Manfaat Terasi : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.


Function :
Terasi sebagai bumbu masak yang memiliki aroma menyengat ini ternyata memiliki khasiat yang cukup baik bila dikonsumsi setiap hari. Mengkomsusi terasi berarti Anda membantu untuk pembentukan darah karena mengandung vitamin B12. Pengolahan terasi yang melalui fermentasi menyebabkan terasi tidak mudah ditumbuhi oleh kuman atau bakteri. Namun konsumsi terasi tidak dianjurkan jika dimakan langsung karena terasi tetaplah sebagai bahan tambaha yaitu sebagai bumbu dapur.
Terasi yang baik adalah terasi yang memilki aroma yang segar dan berasal dari udang. Karena terasi udang terutama udang rebon memiliki rasa yang lebih gurih dan asin. Mengolah terasi cukup mudah karena terasi dapat digoreng atau dibakar agar memiliki rasa yang lebih kuat ketikan dicampur dalam masakan seperti sambal terasi ataupun kangkung balacan.


Characteristic :
         Memiliki cita rasa yang khas, diperoleh dari udang yang di fermentasi
         Aroma khas yang dimilikinya dapat menggugah selera makan siapa saja yang menyukainya.

  Blue berry

 Hasil gambar untuk blueberry

History :
Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi". Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.


Nutrient content :
Blueberry banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, dan terutama sangat dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Jenis antioksidan kuat dalam blueberry yang diketahui adalah dari jenis Anthocyanidins – polifenolik, yaitu yang mempengaruhi warna ungu, hitam, dan merah pada buah-buahan dan sayuran. Nutrisi lain yang juga ditemukan dalam buah kecil berwarna keunguan ini adalah vitamin A, C, E, mangan, dan serat. Buah lain yang masih dalam golongan dengan blueberry adalah cranberry dan blackberry. Pada tahun 1999, kelompok ilmuwan dari NIH mendukung sebuah penelitian yang menunjukan bahwa blueberry efektif mengurangi efek penuaan dalam jaringan syaraf.

Function :
Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan dalam blueberry akan mencegah efek penuaan dini, serta melindungi tubuh Anda dari penyakit seperti kanker dan jantung kronis. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel dengan jalan menetralisir radikal bebas, dan membantu menjaga tubuh dari banyak penyakit. Buah ini juga bisa mencegah peradangan, yang dikenal sebagai penyebab penyakit terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan penyusutan otak. Termasuk didalamnya yang membatu untuk manfaat ini adalah kandungan serat dan vitamin E.

Menyehatkan Otak
Blueberry merupakan makanan otak alami, serta bisa membantu mengembalikan kehilangan memori jangka pendek, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan. Antioksidan juga membantu kemampuan motorik.

Menjaga Kondisi Penglihatan
Blueberry juga vitamin A dengan kadar yang cukup baik, dengan demikian bisa mencegah kebutaan karena usia tua. Menurut litertur, pada PD 2, Angkatan Udara Inggris disuruh untuk makan buah ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari sehingga bisa cepat menyesuaikan mata dengan kegelapan.

Mencegah Kanker
Selain kandungan anthocyanidin, blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi yang dilakukan dilaboratorium telah menemukan manfaat blueberry, yang salah satunya adalah bisa mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%. Buah ini terutama bagus dimasukkan untuk diet seorang wanita, yaitu untuk mencegah kanker ovarium yang hanya terjadi pada wanita.

Diabetes
Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat yang terdapat dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk memanajemen diabetes mellitus tipe 2. Manfaat Kandungan Vitamin B Blueberry juga mengandung kelompok vitamin penting yaitu vitamin B kompleks, yang terdiri dari niacin, pyridoxine, folat dan asam pantotenat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Manfaat Kandungan  Mineral Dalam hal mineral, blueberry menyediakan jumlah yang cukup baik dari kalium, mangan, tembaga, zat besi dan zinc. Kalium merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh,  yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan dipergunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.


Characteristic :
-

 Leci 

 Hasil gambar untuk leci

History :
   Lici atau Leci  adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnamutara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.


Nutrient content :
Selain memiliki rasa yang manis, buah leci ternyata juga memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa kandungan buah leci setiap 100 gram nya:

Energinya mencapai 66 kkal
Karbohidrat mencapai 16,53 gr
Gula 59,9 kkal
Protein 2,8 kkal
Lemak 3,7 kkal
Vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gr daging buah.
Beberapa kandungan lain yang terdapat dalam buah leci antara lain:
Kalium
Sukrosa
Glukosa.


Function :
Berikut ini beberapa manfaat buah leci yang bermanfaat untuk kesehatan:

Mencegah kanker
Buah Leci mengandung flavanoid yang sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu dalam mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung
Buah Leci kaya akan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

Memperbaiki pencernaan
Buah Leci memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pencernaan racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut.

Menguatkan tulang
Buah Leci merupakan sumber fosfor dan magnesium yang membantu untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Mencerahkan kulit
Kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit nampak lebih muda.

Meningkatkan imunitas
Buah Leci juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal penyakit menular seperti demam dan flu.
Memperlancar sistem metabolisme

Buah Leci mengandung Vitamin B mampu memperlancar sistem metabolisme tubuh dalam mencerna karbohidrat, protein dan lemak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment