Selasa, 15 Mei 2018

Daily Activity ( Indonesian Version)

Hello guys kembali lagi di blog aku,hari ini saya berangkat dari rumah menuju ke kampus pukul 06:30 am,sampai di kampus saya bersama teman-teman langsung one line.Seperti biasanya sebelum masuk di kitchen,kami,absen diperiksa kelengkapan alat,cek grooming dan lainnya.Setelah itu kami masuk di kitchen untuk menyimpan barang-barang kami di loker dan kembali one line di cool kitchen.Sambil menunggu dosen yang incharge kami disuruh oleh senior yang icharge untuk membaca-baca small book.

Pada hari ini kami diberikan menu praktik indonesia, hari ini kami hanya melanjutkan menu yang diprepare pada hari sebelumnya.Sebelumnya kami yang merupakan kelompok 10 diberikan kepercayaan untuk menghandle pisang ijo.Sedikit penjelasan tentang pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna Hujau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Nah Guys sedikit penjelasan lagi pisang ijo ada 2 versi loh yaitu pisang ijo kulit dadar dan pisang ijo kulit kukus.Perbedaan dari kedua versi pisang ijo yang ada,jadi yang membedakan antara kedua adonan ini adalah dari segi adonan, adonan kulit yang didadar teksturnya lebih cair dan encer apabila dibandingkan dengan kulit yang dikukus, tekstur kulit yang dikukus lebih padat dan dan kalis. Perbedaan selanjutnya adalah pada proses pemasakannya. Pada adonan kulit dadar, seperti namanya adonan ini langsung dituangkan ke dalam teflon panas hingga matang, sedangkan pada adonan kukus, adonan dicampur diatas di dalam sebuah wajan yang sebelumnya telah dimasukkan santan dan air hingga mendidih. Lalu diaduk bersama dengan bahan lainnya hingga tercampur rata.

Pisang Ijo Kulit Dadar

  

Pisang Ijo Kulit Kukus

  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment