Kamis, 08 Maret 2018

#11 Ingredient




Name Of Ingredient:
 Lengkuas


History
  Lengkuas adalah salah satu bahan dasar dalam bumbu masakan. Lengkuas berbentuk padat, bula oval, dan besar. Lengkuas berwarna merah ketika masih muda dan berwarna putih kekuningan ketika sudah ranum. Lengkuas memiliki daging yang tidak terlalu keras. Lengkuas memiliki rasa gurih dan manis serta beraroma harum. Lengkuas umum digunakan di Indonesia karena masakan Indonesia umumnya berempah lengkap dan berasa gurih.

Nutrient
KandunganNilai Per 100 gTotal Fat 0,6 g
Sodium 11,8 g
Carbohydrates 15,3 g
Net carbs 12,9 g
Fiber 2,4 g
Protein 1,2 g
Vitamins and minerals
Vitamin A 0 µg
Vitamin C 0 mg
Calcium 0 mg
Iron 0 mg

Function Of Ingredient
Lengkuas cukup banyak digunakan baik untuk kesehatana atau untuk kuliner. Lengkuas mengandung transkoniferil disasetat yang mampu mencegah tumor. Selain itu, lengkuas juga cukup berkhasiat untuk mencegah radang. Lengkuas juga digunakan untuk obat anti mabuk apabila Anda sedang dalam perjalanan. Sedangkan untuk kuliner, lengkuas digunakan untuk menambah aroma dan rasa gurih dalam masakan. Jenis masakan yang menggunakan lengkuas contohnya adalah sayur asem, rendang, balado, dan lainnya. Umumnya lengkuas digunakan untuk menonjolkan rasa dari bumbu-bumbu pedas berbahan dasar bawang merah  dan cabai. Lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai kremes atau serundeng untuk masakan yang digoreng misalnya ayam goreng atau empal goreng.

Characteristics
Lengkuas adalah terna tegak yang tingginya 2 m atau lebih. Batangnya yang muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua. Seluruh batangnya ditutupi pelepah daun.Batangnya ini bertipe batang semu.Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berbentuk daun lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, dan tepinya rata. Ukurannya daunnya adalah: 25-50 cm × 7-15 cm. Pelepah daunnya berukuran 15-30 cm, beralur, dan berwarna hijau.Pertumbuhannya majemuk dalam tandan yang bertangkai panjang, tegak, dan berkumpul di ujung tangkai. Jumlah bunga di bagian bawah lebih banyak daripada di atas tangkai, dan berbentuk piramida memanjang. Kelopak bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih kehijauan. Mahkota bunganya yang masih kuncup pada bagian ujung warnanya putih, dan bawahnya berwarna hijau.Buahnya termasuk buah buni, bulat, keras, dan hijau sewaktu muda, dan coklat, apabila sudah tua.Umbinya berbau harum, ada yang putih, juga ada yang merah. Menurut ukurannya, ada yang besar juga ada yang kecil. Karenanya, dikenal 3 kultivar yang dibedakan berdasarkan warna dan ukuran rimpangnya. Rimpangnya ini merayap, berdaging, kulitnya mengkilap, beraroma khas, ia berserat kasar, dan pedas jika tua. Untuk mendapatkan rimpang muda yang belum banyak seratnya, panen dilakukan pada saat tanaman berusia 2,5-4 bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil dan Equipment